Perkembangan Janin 5 Minggu



Kehamilan trimester pertama

Memasuki lima bulan usia kehamilan, perut anda mungkin belum nampak membesar seperti ibu hamil pada umumnya. Embrio anda baru sebesar biji ketumbar. Namun jantungnya sudah mulai  berdenyut dan memompa darah. Jantungnya mulai terbagi ke setiap ruang kecil. Proses ini perlahan-lahan akan berubah menjadi ritma denyutan yang lebih teratur.

Saat ini panjang embro sudah mulai berkembang lebih dari setengah centimer dan bentuknya menyerupai berudu, belum menyerupai bentuk manusia. Proses perkembangan ini akan terus berlanjut sampai sembilan bulan sepuluh hari sampai persalinan tiba. Pada momen ini anda akan mulai sadar karena anda sudah mengalami terlambat datang bulan.

Kenyataan bahwa anda tengah mengandung calon buah hati tentu menjadi kabar gembira bagi anda dan keluarga. Nah, untuk memastikan kabar gembira tersebut ada baiknya dan melakukan tes kehamilan atau berkonsultasi ke dokter.

Jika anda mengetahui kehamilan anda sejak dini, maka anda bisa lebih waspada dalam mengatur dan menjaga kesehatan anda dan calon buah hati.

Demi mendukung perkembangan janin yang sehat dan sempurna, ada baiknya anda tidak menjalankan aktivitas yang berlebihan. Tubuh yang lelah akan membuat energi terkuras sehingga anda bisa menjadi lesu dan stres. Kondisi seperti itusangat berpengaruh pada perkembangan si kecil, terlebih daam usia kandungan yang mash sangat muda.

Usia kehamilan minggu kelima masih masuk dalam katagori kehamilan trimester pertama. Pada trimester pertama ini, perkembangan janun dalam rahim ibu dapat terganggu jika asupan gizi dan nutrisi ibu dinilai kurang. Pasalnya, secara alami ibu yang hamil muda biasanya akan mengalami pusing, mual dan muntah (morning sickness). Kondisi ini dipengaruhi adanya kenaikan level hosmon estrogen dan progesteron serta human chorionic gonadotopin (hCG).

Baca juga : Serba serbi morning sickness dan cara mengatasinya.

Nah, jangan sampai anda abai dengan kondisi kesehatan anda. Jangan sampai hanya karena anda merasa mual dan muntah, anda tidak mau mengkonsumsi makanan dan minuman yang mengandung gizi dan nutrisi tinggi. Ibu harus bisa mengatasi mual dan muntah agar kebutuhan gizi dan nutrisi ibu dan janin bisa terpenuhi sampai persalinan tiba. Caranya makan dengan porsi sedikit namun dengan intensitas sering. Jangan lupa mengkonsumsi susu, buah dan roti tawar sebagai camilan yang bisa dikonsumsi diantara waktu makan.

Perkembangan Janin Usia 5 Minggu

Setelah terjadinya perkembangan sel yang begitu cepat hanya dalam hitungan beberapa minggu, janin anda kini sudah mulai terbentuk rupanya. Selain itu, beberapa organ dalam tubuh si janin mulai terbentuk, diantaranya adalah:

  • Sistem syaraf janin dan organ – organ penting lainnya mulai berkembang dengan pesat.
  • Sistem peredaran darah dan jantung perlahan – lahan mulai terbentuk. Muncul sebuah tonjolan yang menjadi tempat terciptanya jantung dari janin anda. Pada akhir minggu ke-5, organ – organ pembuluh darah mulai terbentuk dengan baik.
  • Selain itu, tabung hampa atautuba neural sebagai tempat berkembangnya lapisan ektoderm ini selanjutnya akan berkembang menjadi syaraf tulang belakang dan otak janin mulai tumbuh.
  • Kelainan pada bagian akhir tuba neuralakan dapat berdampak pada spina bifida atau cacat dibagian tabung syaraf. Sementara bila terjadi kelainan pada bagian tuba neural, hal ini akan dapat mengakibatkan anencephali atau kondisi ketika tempurung kepala pada si janin tidak terbentuk dengan sempurna. Untuk itulah, kondisi ini akan begitu sangat rentan bila si ibu hamil tidak menjaga kesehatan dan asupan gizinya dengan baik.
  • Diusia kehamilan minggu ke 5 kehamilan anda, jantung si janin sudah mulai berdenyut dan mungkin sudah dapat dilihat dengan menggunakan gelombang ultrasound.
  • Tali pusar si janin mengganti posisi kantong kuning telur (yolk sac). Tali pusar bekerja sama dengan ari-ari (plasenta) yang bekerja membawa nutrisi serta oksigen ke janin anda dan membuang sisa metabolisme.

Perubahan Tubuh Saat Usia Kehamilan 5 Minggu

Janin 5 minggu sekitar 9 mm bakal mata dan hidung sudah mulai nampak
Janin 5 minggu sekitar 9 mm bakal mata dan hidung sudah mulai nampak

Pada usia kehamlan lima minggu, secara fisil perut ibu belum terlihat perubahan yang besar. Akan tetapi perubahan justru tampak terjadi pada tubuh anda. Perubahan bentuk tubuh ibu hamil terjadi untuk mendukung perkembangan janin di dalam rahim ibu. Selama minggu ke – 5 usia kehamilan, anda mungkin sudah merasakan berbagai perubahan tersebut, seperti halnya:

Mudah Merasa Lelah

Tubuh wanita yang tengah hamil memproduksi banyak darah. Gunanya membawa oksigen dari zat – zat gizi ke janin anda yang berada dalam rahim. Nah, dengan adanya peningkatan jumlah darah yang lebih banyak, peredaran darah dalamtubuh anda akan ebih terpacu sehingga anda mungkin lebih mudha merasa lelah.

Denyut jantung anda akan berdenyut semakin sering untuk mengimbangi peningkatan peredaran darah. Dalam minggu ini, anda akan mudah lelah, mual, sering pusing atau bahkan kepala seringkali terasa nyeri. Anda tidak perlu khawatir, seiring bertambahnya usia kandungan, keluhan tersebut akan semakin berkurang.

Perubahan Fisik

Perubahan fisik merupakan perubahan yang umum terjadi pada wanita hamil. Perubahan ini terjadi sebanding dengan perkembangan janin yang ada dalam rahim anda. Beberapa perubahan fisik yang paling terlihat diantaranya payudara yang semakin besar, terasa lebih lembut, bokong membesar dan lain sebagainya. Meski demikian, anda tidak peru merasa khawatir, takut atau terbebani karena hal ini merupakan sesuatu yang wajar.

Perubahan Suasana Hati

Suasana hati ibu hamil juga tidak seperti biasanya. Ibu hamil menjadi lebih mudah marah, sering tersinggung dan menjadi lebih sensitif. Perubahan suasana menjadi tanda-tanda kehamilan. Hal ini dialami sebagian besar ibu hamil sehingga dianggap sebagai sesuatu yang wajar.  Untuk mesiasatinya, anda bisa menyibukkan diri dengan hal hal yang positif seperti lebih banyak membaca serba – serbi bayi dan kehamilan. Dengan memahami banyak hal tentang bayi dan masa kehamilan, anda akan lebih excited menyambut kehadiran si kecil. Selain itu, anda bisa melakukan yoga atau senam hamil agar selalu segar dan sehat. Namun, tetap konsultasikan dengan pakar ya ma, agar senam tau yoga anda tetap aman untuk janin dalam kandungan anda.

Pada usia kehamilan minggu ke lima, perubahan emosi tidak terlalu signifikan. Sebagian ibu bahkan tidak merasa ada perubahan apapun. Pasalnya, pada usia ini perubahan masih kecil atau sepele.

Timbulnya Vlek (Bercak) Ringan

Menginjak usia kehamilan 5 minggu, ari –ari (placenta) yang berfungsi memberikan makanan ke janin tumbuh dengan baik dan menempel pada rahim. Ini yang mungkin menyembabkan munculnya vlek atau bercak ringan (ligt spotting) pada wanita hamil.

Merasa Mual dan Muntah

Mual dan muntah (morning sickness) merupakan salah satu tanda kehamilan yang sringkali terjadi pada wanita hamil. Meski tidak semua wanita hamil mengalami mual dan muntah. Mual dan muntah biasanya terjadi pada trimester awal kehamilan. Namun, anda tidak perlu khawatir karena keluhan ini akan berkurang seiring bertambahnya usia kandungan. Jangan sampai kondisi ini mempengaruhi selera makan anda agar tidak menganggu kebutuhan azupan gizi dan nutrisi janin dalam rahim anda.

Anda harus tetap berupaya agar kebutuhan nutrisi dan gizi anda dan janin anda tetap terpenuhi. Sehingga kesehatan janin dalam rahim anda akan terjaga sehinga bisa tumbuh dan berkembang dengan baik.

Adapun cara mengatasi kondisi ini adalah dengan menghindari sumber bau menyengat yang bisa memicu anda merasa mual dan ingin muntah. Gunakan masker atau minta kepada teman dan keluarga yang ada disekitar anda untuk menjauhkan sumber bau menyengat yang ada di sekitar anda. Selain itu, makanlah dengan porsi sedikit namun sering. Terlalu lapar atau kekenyangan akan membuat anda merasa mual.

Apa yang harus ibu lakukan semasa perkembangan janin berusia 1-5 minggu?

Dalam periode kehamilan usia 1 – 5 minggu, ibu perlu mengkonsumsi makanan yang mengandung nutrisi dan gizi tinggi untuk mencukupi kebutuhan kalori yang terus meningkat 180 kkal setiap hari. Di trimester awal, umumnya morning sickness belum begitu terasa. Akan tetapi, jika ibu mengalami morning sickness, ibu bisa mencoba melakukan beberapa tips berikut:

  1. Mengonsumsi makanan bergizi selagi segar dan hangat secara teratur dalam porsi kecil, tapi sering.
  2. Banyak minum air untuk melawan rasa mual dan lelah.
  3. Menjaga postur duduk tetap tegak selama 10-20 menit setelah makan untuk menghindari refluks lambung dan heartburn.
  4. Jahe merupakan pereda rasa mual secara alami. Cobalah makan permen jahe, minum air jahe atau menghirup aroma jahe untuk mengatasi morning sickness dengan aman.

Jangan lupa, Bu. Pilih makanan yang bernutrisi tinggi bagi diri dan calon bayi di dalam rahim  untuk mendukung si kecil kelak tumbuh menjadi anak hebat ya.

 

Catatan: Para pakar menyatakan bahwa perkembangan setiap janin mungkin mengalami perbedaan satu dengan yang lainnya. Artikel ini membahas secara umum perkembangan janin usia minggu ke 5 didalam rahim seorang ibu.




Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*